Henri Matisse


1869-1954 

Henri Matisse
Henri Matisse adalah seorang seniman Perancis,  yang istimewa dalam penggunaan warna dan cairannya, gambar yang asli dan cemerlang. Sebagai penggambar, pencetan dan skultorSebagai pelukis, Matisse adalah salah satu yang paling terkenal seniman dari abad kedua puluh. Meskipun ia pada awalnya dicap sebagai (wild beasts) Fauve, pada tahun 1920 ia semakin dipuji sebagai penegak tradisi klasik dalam lukisan Perancis. Penguasaan bahasa ekspresif warna dan gambar terlihat dalam tubuh kerja yang mencakup lebih dari setengah abad, dan dia memenangkan pengakuan sebagai seorang tokoh terkemuka dalam seni modern. 


Pada 1905 Salon d'Automne, beberapa seniman dipamerkan lukisan dengan liar, warna yang hidup dan segera disebut Fauves (Wild Beast). Matisse dikenal sebagai salah seorang dari para pemimpinnya. Anggota lain adalah Derain, Georges Braque, Raoul Dufy dan Maurice Vlaminck. 


Penurunan gerakan Fauvist setelah 1906 tidak  mempengaruhi munculnya Matisse, banyak dari karya terbaik diciptakan antara 1906 dan 1917. Teman-temannya mengorganisir dan membiayai Matisse Académie di Paris, sebuah sekolah swasta dan non-komersial di mana Matisse menginstruksikan seniman muda. Ini beroperasi dari 1911 sampai 1917. Hans Purrmann dan Sarah Stein berada di antara beberapa siswa yang paling setia. 

Karyanya periode pasca-Perang Dunia I dapat dibandingkan dengan neoclassicism dari Picasso dan Stravinsky, dan kembali ke tradisionalisme dari Derain. Lukisan oriental Nya odalisque merupakan karakteristik periode. Setelah 1930 sebuah semangat baru dan penyederhanaan lebih berani muncul dalam karyanya. 

Pada tahun 1941 ia didiagnosa menderita kanker dan, setelah operasi, dia mulai menggunakan kursi roda. Matisse meninggal karena serangan jantung pada usia 84 pada tahun 1954.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »